Artikel tentang pengertian dan pengetahuan umum yang lainnya

Jumat, 04 Mei 2018

Jerawat

Definisi Jerawat merupakan suatu kondisi yang mana pori - pori kulit menjadi tersumbat olehkarenanya menyebabkan timbulnya kantung nanah yang meradang. Jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup banyak jumlah penderitanya. Kligmann, merupakan seorang peneliti mengenai masalah jerawat ternama di dunia menyatakan,Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. Dimungkinkan disebabkan oleh karena perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan pada hormonal lainnya yang bisa menjadi pemicu munculnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, dan pemakaian pil KB, juga stres.

Jerawat

Jenis Jerawat

Komedo
Komedo sebenarnya merupakan pori-pori yang mengalami penymbatan, dapat terbuka atau bisa tertutup. Komedo yang sifatnya terbuka (blackhead), namapak seperti pori-pori yang mengalami pembesaran dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) mempunyai kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat olehkarenanya  terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini dikarenakan adanya sel-sel kulit yang mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Jerawat biasa.
Jenis jerawat biasa mudah untuk dikenali, cirinya yaitu adanya tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Hal ini dapat terjadi disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Dinamakan propionibacterium sebab dapat memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan memiliki ciri-ciri aerotolerant yang menyebabkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi dapat berasal dari waslap, kuas make up, dan jari tangan, serta dapat juga dari telepon. Keadaan stres, faktor hormon, & jufa faktor udara yang lembap, dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya jerawat di muka.

Jerawat batu (Cystic acne)
Cystic acne merupakan jerawat yang besar-besar, dengan peradangan yang hebat, berkumpul pada seluruh muka. Bagi penderita cystic acne umumnya juga mempunyai keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini.

Jerawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: resep nusantara